Type Here to Get Search Results !

Ads

Bakamla RI dan Mitra Gagalkan Penyelundupan Lobster Senilai Rp 19 Miliar

bakamla ri
Konferensi pers penyelundupan benih lobster senilai 19 miliar rupiah ke Malaysia. (Puspen TNI)



Citizen, Kepri - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), bekerja sama dengan Bea Cukai Kepulauan Riau, Lantamal IV, dan Bais TNI, sukses menggagalkan penyelundupan benih lobster senilai 19 miliar rupiah ke Malaysia. Peristiwa berlangsung di Perairan Karimun, Kepulauan Riau, pada Rabu, 25 Oktober 2023.


Dalam pengungkapan ini, petugas menghitung dan menemukan 105.047 ekor benih lobster jenis pasir senilai Rp. 15.757.050.000 serta 18.035 ekor benih lobster jenis mutiara senilai Rp. 3.607.000.000. Letkol Bakamla Yuli mengungkapkan temuan ini dalam sebuah konferensi pers di Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau.


Penangkapan ini bermula dari informasi yang diterima Bakamla RI dari Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) mereka mengenai aktivitas mencurigakan sebuah High Speed Craft (HSC) yang melakukan pengangkutan benih lobster di perairan Kuala Tungkal. Bakamla RI berkoordinasi dengan Lantamal IV, Bea Cukai, dan Bais TNI untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) patroli laut.


Pada Selasa, 24 Oktober, tim patroli laut Bea Cukai memperhatikan speedboat mencurigakan yang diduga mengangkut benih lobster di perairan Pulau Geranting. Pengejaran dilakukan, meskipun terjadi tabrakan dengan karang yang membuat speedboat terdampar. Namun, speedboat penyelundup berhasil diperbaiki dan melanjutkan pelarian.


Tim Satgas melanjutkan pencarian di sekitar Pulau Kepala Jerih dan berhasil menangkap kapal penyelundup beserta 22 kotak berisi benih lobster di perairan Barat Kepala Jerih. Total, ada 105.047 ekor benih lobster jenis pasir dan 18.035 ekor jenis mutiara yang berhasil diselamatkan dengan kerugian negara mencapai 19 miliar rupiah.


Para pelaku penyelundupan telah diamankan dan akan menghadapi proses hukum. Benih lobster yang berhasil diselamatkan dilepasliarkan di perairan Timur Pulau Merak Karimun, menegaskan komitmen Indonesia dalam melindungi sumber daya lautnya dan mencegah aktivitas ilegal yang merugikan negara. Operasi ini merupakan prestasi luar biasa yang menunjukkan sinergi dan keberhasilan kolaborasi antara lembaga-lembaga keamanan laut Indonesia.

Baca Juga

Iklan

Hollywood Movies

Copyright © 2023 - Citizen.web.id | All Right Reserved