Type Here to Get Search Results !

Ads

Prajurit Hiu Perkasa Lakukan Pengamanan Kapal Perang Asing di Jakarta

tni al
3 orang prajurit hiu perkasa menghadap kapal perang India. (Puspen TNI)

 

Citizen, Jakarta - Prajurit dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta, yang dikenal dengan sebutan "Prajurit Hiu Perkasa," telah melaksanakan tugas pengamanan delegasi Negara asing yang datang dengan tiga Kapal Perang Angkatan Laut India. Delegasi ini tiba di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Selasa (10/10/2023).


Ketiga Kapal Perang Angkatan Laut India, yang berkunjung selama tiga hari hingga 12 Oktober 2023, antara lain adalah kapal INS Tir (A 86), yang merupakan kapal tipe Training Ship berkelas Tir Class. Kapal ini memiliki dimensi panjang 105,85 meter, lebar 13,20 meter, draft 4,8 meter, bobot 1,920 ton, kecepatan maksimal 21 knot, dan dikawaki oleh 70 orang, serta dilengkapi dengan berbagai persenjataan.


Selain itu, ada juga kapal INS Sujata (P 56), yang merupakan kapal tipe Patrol Vessel berkelas Sukanya Class. Kapal ini memiliki dimensi panjang 101 meter, lebar 11,5 meter, draft 4,5 meter, bobot 1,920 ton, kecepatan maksimal 21 knot, dan dikawaki oleh 70 orang, serta dilengkapi dengan berbagai persenjataan. 


Terakhir, Kapal ICGS Sarathi, yang tergolong dalam tipe Patrol Boat berkelas Samarath Class, memiliki dimensi panjang 105 meter, lebar 13,6 meter, draft 6,2 meter, kecepatan maksimal 23 knot, dan dikawaki oleh 18 perwira dan 108 pelaut, serta dilengkapi dengan persenjataan.


Komandan Yonmarhanlan III, Mayor Mar Daniel Rudy Siswanto, mengungkapkan bahwa pengamanan Kapal Perang asing ini merupakan bagian dari tugas pokok Yonmarhanlan III, sebagai Satuan pemukul pertahanan pangkalan. Dia juga menekankan pentingnya profesionalisme dalam pelaksanaan tugas, taat pada prosedur, disiplin, dan tanggung jawab dalam menjaga keamanan Kapal Perang tersebut.

Baca Juga

Iklan

Hollywood Movies

Copyright © 2023 - Citizen.web.id | All Right Reserved